Anak tahun 90an? Masih inget dong pastinya sama kartun kartun jadul kayak Jimmy Neutron (yang palanya gede otaknya tanpa batas), Hey Arnold (yang rambutnya kuning berdiri mekar kek sapu injuk), The Simpsons (yang semua karakternya warna kuning kuning), Sinchan (yang palanya lonjong gak simetris dan suka pamer pantat), Pokemon (yang peliharaannya bisa dimasukin ke bola bolaan), Rugrats (para bayi yang sudah mempunyai visi misi dan suka berkhayal), pokoknya masih banyak lagi kartun lainnya yang udah ilang dari layar kaca ini.

Sedih ya sekarang tiap ganti chanel pasti kalo ga sinetron peranakan vampir sama serigala berantem dengan siluman macan, ya sinetron india atau turqi. Bersyukurlah kalian yang pada punya tv kabel, jadi chanel chanel luar negri bisa menyelamatkan kehidupan per-tv-an kalian.

Nah berhubung sekarang film film kartun lama udah ga tayang lagi di tv lokal atau tv kabel, gue mau rekomen film kartun yang menurut gue harus kalian coba tonton nih. Kenapa gue rekomen? Karena menurut gue mereka ngebawa nuansa baru yang beda dari kartun lainnya. Bahas singkat satu persatu yaa

1. GRAVITY FALLS
Kartun ini menceritakan petualangan Dipper Pines (cowok) dan saudara kembarnya Mabel (cewek) di kota fiksi Gravity Falls, Oregon. Mereka menghabiskan musim panas dengan "great-uncle" (atau "Grunkle") Stan, di kota misterius penuh
dengan situasi yang aneh melibatkan berbagai makhluk paranormal dan supernatural. Si kembar berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan yang aneh tetapi merasakan ada sesuatu yang misterius tentang Gravity Falls dan mulai berusaha memecahkan misterinya. Saat Dipper menemukan sebuah jurnal misterius yang berisi tentang misteri kota, dia dan Mabel menggunakannya dan ingin memecahkan misteri yang di sekitar mereka. Kartun ini secara resmi tayang di Disney Channel.

2. STAR VS. THE FORCE OF EVIL
Star Butterfly (cewek) adalah putri dari dimensi Mewni. Pada umur 14thn, dia menerima tongkat sihir warisan keluarganya yaitu heirloom. Namun, setelah dia hampir membakar istana karena tongkat sihirnya itu, orang tuanya memutuskan bahwa lebih aman untuk mengirimnya ke Bumi dan menyamar sebagai siswa pertukaran pelajar. Dia bersahabat dengan Marco Diaz (cowok) dan tinggal dengan keluarganya Marco Diaz. Star dan Marco harus berurusan dengan kehidupan sehari hari di bumi sementara Star harus tetap menjaga agar tongkatnya tidak jatuh ke tangan Ludo, seorang penjahat dari Mewni yang merupakan pasukan monster. Star dan orang orang dari Mewni dapat melakukan perjalanan dimensi menggunakan “gunting dimensional” yang dapat membuka portal antar dimensi manapun. Kartun ini secara resmi tayang di Disney Channel.

3. ADVENTURE TIME
Ceritanya tentang Finn si manusia, dan Jake si anjing berwarna kuning yang bisa berubah-ubah bentuk. Perubahan bentuk si Jake ini selalu absurd. Dia bisa berubah jadi raksasa, jadi parasut, jadi perahu, tali, dll. Pokoknya badannya bisa melar melar dah.
Karakter lainnya juga aneh aneh dan unik. Ada kuda tapi badannya pelangi, dan kudanya selalu ngomong pake bahasa Korea. Ada juga raja es yang pengen punya istri banyak. Ada putri kerajaan yang ditaksir Finn, rambutnya pink panjang terus bajunya serba pink dan punya hak penuh buat memerintah semua makhluk makhluk aneh disana. Pokoknya disini nyeritain petualangan luar biasa anehnya si Finn sama Anjingnya itu. Kartun ini secara resmi tayang di Cartoon Network.

4. THE AMAZING WORLD OF GUMBALL
Bercerita tentang Gumball Watterson seekor kucing biru dan kehidupan di sekitarnya. Gumball mempunyai ibu yang bernama Nicole Watterson dan ayahnya bernama Richard Watterson. Yang unik, ibu Gumball adalah seekor kucing dan ayahnya seekor kelinci. Sedangkan adik Gumball yang bernama Anais Watterson adalah seekor kelinci. Yang paling aneh di keluarga ini ada Darwin Watterson yang merupakan ikan mas berwarna emas tua mengkilap yang dulunya adalah peliharaan Gumball.

Grafisnya menarik banget karena beberapa karakter digambarkan secara 2D dan 3D sedangkan backgroundnya adalah background lingkungan nyata.