✿ Halo semua selamat datang. Terimakasih sudah mampir yaa. Jangan lupa follow blog ini agar tidak ketinggalan update. HAPPY READING GUYS ✿

Minggu, 02 Agustus 2015

Tips Penting Dalam Bertransaksi Online

1. CONTACT PERSON ASLI
Hindari apabila contact person dari onlineshop tersebut tidak memakai data diri sebenarnya seperti foto dan nama asli, melainkan bersembunyi dibalik nama olshopnya. Apabila terjadi tindak penipuan akan menjadi sulit untuk dilacak.

2. TATA BAHASA DAN PELAYANAN
Lihat dari tata bahasanya, apabila terkesan cuek dan tidak ramah lebih baik tidak usah jadi mengorder. Kemungkinan ketika sudah transfer uang, pelayanan terhadap pembeli tidak secepat saat kita blm mentransfer uang. Bisa jadi slow respon atau bahkan tidak direspon berhari2. Masih banyak pedagang lain yg lebih ramah dengan kualitas pelayanan yg baik.

3. KETAHUI IDENTITAS
Ketahui identitas si pedagang online, setidaknya umur. Jangan bertingkah seakan umur kita lebih muda dari dia. Terkadang olshop yg memiliki pelayanan buruk tidak memiliki respect yg baik terhadap pelanggan yg dibawah umurnya ketika status uang kita sudah ditransfer ke tangan dia. Dia akan bertindak seenaknya, bisa saja lambat dalam pengiriman barang, resi ataupun pelayanan pasca pengiriman. Biasanya yg lebih tua lebih disegani dan dihormati.

4. TANYAKAN DENGAN DETIL
Perbanyak bertanya lebih detail mengenai barang yg ingin dipesan, jenisnya, ukurannya, keaslian fisiknya dari foto, dan lamanya pengiriman barang. JANGAN MENANYAKAN TOTAL KESELURUHAN sebelum benar2 fix mendapat info detail dari barang tersebut! Apabila kita tidak mendapat penjelasan yg memuaskan dari si penjual dan minim info serta si penjual merasa risih karena kita bawel, lebih baik tidak usah jadi membeli. Ini menandakan bahwa ia tidak memberikan pelayanan yg baik untuk kepercayaan pelanggan. Baru ditanyakan detail saja sudah risih, bagaimana bila ada kendala barang tidak sampai sesuai perkiraan waktu dan kita sbg pembeli yg merasa paling dirugikan karena uang kita sudah ditangan dia pasti mendesak untuk menanyakan resi dan lain sebagainya.

5. PENTING! MINTA JAMINAN
Pastikan jaminan dari si penjual apabila barang cacat, tidak sesuai dengan orderan atau jauh berbeda dari foto yg tertera maka barang boleh di kembalikan untuk diganti yg baru atau pengembalian uang.

6. SIMPAN BUKTI CHAT
Biasakan untuk menfoto akun instagram, line, whatsapp, bbm atau contact person lainnya dari si pedagang online sebelum mentransfer uang. Foto juga keseluruhan dari isi chat antara kita dan si penjual untuk berjaga2 apabila terjadi tindak penipuan agar bukti menjadi akurat jika ingin diselesaikan melalui cara damai atau pihak yang berwajib.

Sekian. Tips ditulis BENAR berdasarkan pengalaman. Semoga bermanfaat untuk meningkatkan wawasan dan ketelitian dalam bertransaksi di dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar