16th and pregnant. They did free sex and didn't know what will happens. This is my friends opinions about teenagers in the world who did free sex and did abortion.


ALVON YUVIANDI
Gimana ya.. emm ya ngga baik bgt sex dibawah umur tuh. Kalo buat cewe ya bisa mandul karna ovum tuh bisa abis. Kalo cowo bisa impoten jg pas udah dewasanya grgr kebiasaan sex dr kecil jdnya udh ga ada hasrat. Tp gua rasa di Indonesia mah ga ada ya sex di bawah umur gitu, cuma 20%an lah. Ngga kyk di luar negri yg banyak bgt. Kalau luar negri film-film bokep gitu mah syuting. Kaga kyk di Indonesia yg cuman ngerekam diem-diem gitu.

Jujur gua pernah nonton yg di bawah umur 15thn gitu jijik bgt sumpah gua ngeliatnya, ga pantes bgt buat ngelakuin hal yg bukan sewajarnya dilakuin. Dan yg pasti bakalan kena HIV, itu ngga ada obatnya loh.
Lagian ngapain sih begituan segala? Ga ada gunanya samse. Jaman sekarang mah sex gitu cuman biar dikata keren doang sm ya buat pekerjaan doang, ga msk akal bgt kalo kata gua.

-Buat Cewe : ya kalau gamau dicabulin atau diapa-apain jgn mancing2 yg cowonya jg lah. Maksudnya ya jgn keluar mlm2 pake tanktop, celana pendek, rok pendek gitu. Itu namanya cewenya yg bikin org jd horni.
-Buat Cowo : jaga lah nafsu lo itu. Jgn cuman grgr megang pntt atau tkt cewe aja lu bisa digebukin sampe mati. Kalau mau ngesex gitu mending sm istri lo nanti, sunnah rasul tuh tp kalau udh nikah.
-Buat Anak : jangan coba-coba *canda dikit wkwk

Gua jg pernah nih pulang dr RSPP naik metro 611. Ada anak cowo msh bocah seumuran gua lah dia onani gitu di metro ya grgr cewenya juga si pake tanktop yg keliatan BHnya, kalau make penampilan kyk gitu mah ya jelas bikin cowo jd horni padahal cowonya itu bawa Al Quran, make peci, baju koko. Trus spermanya dipeperin ke punggung cewenya. Udah gitu nyokap gua ngeliat sendiri si anak itu onani di belakang mahasiswi itu, emang Indonesia pengen bgt dikata apacoba-_-

Udahlah ngapain si ngesex di bawah umur gitu. Ngga guna tau. Mending nikmatin masa muda lo dgn gaya hidup sehat.
Kata gua sex di bawah umur cuman ada 3 faktor :
1. Ya grgr si cewe make pakaian yg ngga sepantesnya. Cewe tuh harusnya make jilbab sm pakaian tertutup aja haha
2. Grgr keseringan nonton film bokep. Film yg ga guna. Film bikinan org2 Yahudi gitu
3. Ya grgr si cowonya yg punya nafsu berlebihan


JUSIEFA ZAHABI WALWARIQ
Ga pantes banget lah setau aku sex itu bisa bikin ketagihan loh. Makanya dilarang keras ngelakuin begituan kalau ga ada keterkaitan hubungan suami istri. Lagi pula sex tanpa hubungan suami istri itu kan dosa dan hukumnya haram. Apalagi sex di bawah umur.

Mau jadi apa anak-anak di bawah umur kalau msh kecil udh berbuat sex? Hidup aja msh numpang ke ortu. Kalau kebablasan gmn? Mau aborsi? Tega bgt ngebunuh manusia yg blm punya dosa apa-apa yg msh suci. Mau di keluarin? Mau dikasih makan apa? Emang situ mampu? Hidup aja msh numpang.
Sanggup mental jd single parent kalau ga ada yg mau tanggung jawab? Makanya mending gausah aneh-aneh. Buat remaja sekarang terutama cewe jaga baik-baik deh tuh dirinya. Daripada ntar nyesel belakangan.


NUR LAILA APRILIANI
Pendapatnya emmm amm emmm. Kurang pengetahuan sama pengawasan ortu buat anak muda jaman sekarang gelap mata. Yang mereka tau cuma enaknya aja, padahal di balik semua itu ada resiko berat yang harus ditanggung termasuk ancaman buat diri sendiri.
Pencegahannya emmm... mungkin di sekolah harus sering-sering diadain penyuluhan tentang bahaya sex di bawah umur. Ortu juga harus terus ngontrol anaknya. Buat anaknya nyaman dan terbuka. Lingkungan jg ngaruh, jadi anak itu juga harus pinter cari temen yg baik-baik.



ANANDA AFIFA KURNIA
Gue gatau dah. Sex di bawah umur apaan. Yang jelas kaga boleh aja kalo masih di bawah umur. Eh tunggu ngesex itu berarti berhubungan intim bukan sih? haha. Pencegahannya ya jangan nonton bokep. Kalo nonton pasti kita kepengen nyoba.





FIRDA FERDIANA
Sex bebas bisa ngerusak kehidupan seseorang yg mestinya berharga malah jadi sia-sia untuk saat ini maupun masa depan org itu nanti. Merusak masa-msa yg indah menjadi kelam suram dan ga nyaman untuk dirasa. Karna itu bukan hal yg pantas untuk dilakukan manusia yg memiliki moral dan pikiran. Hanya hewan yg bebas ngelakuin hal macem itu.
Cara pencegahannya banyak-banyak bergaul dengan org2 cerdas, jaga akhlak dan iman, menjaga moral dan paling penting deket sama Allah serta jauhin hal-hal yg menjurus ke arah situ. Haha that's all.

ANDIRA DINTA
Menurut aku free sex di bawah umur jelas salah lah kan itukan haram hehe. Solusinya bisa dengan sering-sering ke majelis ilmu, caritau penyebab dari free sex itu sendiri dan sebagainya hehe.


FATHIMAH. F. FARHAH
Free sex di bawah umur? Kelaut aja sono-_- masa depan suram ituu. Lagian free sex apa lah itu ga penting. Itu mah nanti kalau udah waktunya bakal ngerasain. Ga sabar amat. Enjoying life aja.
Oiya nyegahnya jangan pernah pengen tau, terus cari lingkungan sekitar yang emang gabakalan mikirin itu dan sebagainya. Pokoknya yang lurus2 aja...

NAYLA HUSNUL HAYATI
Ya free sex di bawah umur itu pastinya ga baik lah, karena selain mereka masi di bawah umur mereka juga bukan pasangan sah nya atau bukan muhrim. Dan pastinya agama pun haram hukumnya.

Mencegahnya itu gimana yaa? Sebenernya lingkungan main mereka baik di rumah atau di sekolah, peran pengawasan ortu, temen dan guru yang baik pun diperlukan. Artinya mereka juga harus saling menasehati dan waspada terhadap anak tersebut, juga diberi pengetahuan tentang akibat sex. Baik kesehatannya, lingkungan sosialnya ataupun norma ke agamaan, dan mereka pun harus bisa jaga diri dan bergaul dengan anak2 yg baik.

HANA NUR AFIFAH
Free sex kan udah pasti ga bagus banget buat di bawah umur. Org dewasa yg blm nikah aja blm boleh ngelakuin sex.

Saranku buat mencegahnya, kalau pacaran atau temenan sama lawan jenis yg wajar aja. Jangan sampai ke hal-hal yang begitu. Dan kalau bisa pilih pergaulan yg bener.
FADHILLAH NOVA
Kalau menurut gua sih selain mempermudah terserang penyakit yg berhubungan dengan organ intim, free sex di bawah umur juga yg bakalan ngancurin kualitas dan moral anak bangsa.

Mencegahnya emang ga mudah karena di era saat ini budaya barat udah menjamur di Indonesia. Tekhnologi yg serba canggih dan gaya hidup yg konsumtif mempengaruhi budaya dan perilaku remaja saat ini tapi kalau kita berusaha untuk menghindarinya InsyaAllah mudah kok dengan memelihara keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah, mengisi kesibukan dengan mengisi hal2 yang positif dan harus bisa membedakan mana yg baik dan yg ngga dalam pergaulan.

PRATIWI HANJANI PUTRI
Pendapat gue free sex di bawah umur itu yah pasti ga boleh. Ngapain kita sex di bawah umur? Bikin rugi, apalagi yg cewe hamil di luar nikah dan di bawah umur. Itu bisa ngerusak diri dia sendiri dan masa depannya.

Pencegahannya nih ya buat yg perempuan jangan pake baju sexy, itu bisa nambah nafsu laki-laki. Terus ortu harus mantau anaknya yg main internet. Jangan sampe cari ttg video atau gambar yg ga pantes di lihat. Biasanya nonton video atau lihat gambar yg ga bener pasti kepengen tau rasanya gimana. Terus sekali-kali razia hp anaknya liat apa yg disimpen sm anaknya. Selalu dekatkan diri kepada Allah swt dan bergaul lah dgn org2 yg pintar. Jangan pikirin yg negative, selalu pikirkan yg positive. Lakukan lah hal yg berguna bagi dunia dan akhirat. It's my opinion haha.

SASKIA. A. DESLIANTI
Merusak moral anak jaman sekarang, bisa jadi mereka lakukan karena keterpaksaan atau kesengajaan karena memiliki hasrat tertentu.

Mungkin nyegahnya dengan penambahan ilmu agama dan pengawasan ortu. Susah ditangkal kalau anak itu ga mau berubah dari dalamnya. Btw free sex apaan?





Maaf ya opini yang anak-anak cowo nya ga gue masukin. Karna rata-rata semuanya malah MENDUKUNG SEXnya ketimbang MENCEGAH SEXnya-___-
Contohnya ini nih :


GUSTI VALENTINO MADA
Free sex itu enak, kenikmatan dunia. Jangan di cegah wkwk